Sabtu, 17 November 2012

Monumen Kresek, Sejarah Kekejaman PKI


Monumen Kresek adalah salah satu situs sejarah yang terletak di Dungus, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dengan menempuh jarak 10 km dari pusat Kota Madiun, monumen ini bisa ditemukan dengan mudah. Selain akses petunjuk yang cukup jelas, kendaraan yang digunakan cukup gampang. Mobil pribadi atau sepeda motor merupakan pilihan yang tepat untuk menuju lokasi. 

Terletak di lokasi perbukitan, monumen ini dikelilingi oleh pepohonan dan wilayah yang masih asri. Udara di sekitarnya pun sejuk, sehingga membuat pengunjung cukup nyaman. Selain itu, pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman pun tidak banyak, sehingga monumen tidak begitu ramai.
Di monumen ini dapat dilihat beberapa patung terkait dengan pembantaian PKI pada tahun 1948 di wilayah Madiun. 
Ada patung beberapa orang dalam keadaan berbaring yang diumpamakan dengan para warga sipil maupun prajurit yang gugur akibat pembantaian ini. Di dekatnya ada sebuah balok yang mencantumkan nama-nama korban kekejaman komunis. Gerakan yang digawangi oleh Muso ini terjadi selama beberapa hari dengan mengambil orang-orang tertentu sebagai korbannya. Ada petani, guru, warga sipil biasa, maupun pejabat kantor desa.
Ada juga patung beberapa anak kecil, yang maknanya tidak dicantumkan sehingga pengunjung hanya bisa menebak-nebak. 
Ada patung seorang pembantai yang hendak mencambuk seorang korban, atau sebuah tulisan yang ditandatangani oleh kades Kresek sebagai bentuk peringatan pembantaian PKI di Desa Kresek.

Tentang penulis dan rekan-rekan di Monumen Kresek, Kabupaten Madiun..


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar